Selasa, 24 April 2012

Laporan Perjalanan Wisata ke Kabupaten Wonosobo


bray, ini ada sedikit draft laporan perjalanan kelompokku dan aku ke kab. Wonosobo, semoga bisa membantu kalian melengkapi laporan kalian....
WARNING!! Setelah baca tolong kasih comment-nya ya.... Thanks :D

KATA PENGANTAR

          Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT, karena rahmad dan karunia-Nya penyusun dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Laporan Kegiatan Studi Wisata Tahun 2012 Tujuan Wilayah Jawa Tengah”. Laporan ini disusun sebagai bagian dari kelengkapan perjalanan wisata belajar yang dilaksanakan oleh SMA N 1 Sleman pada tanggal 24 Maret 2012.
          Dalam penyusunan laporan ini penyusun menyadari banyak terdapat kesalahan dan kesulitan yang disebabkan karena keterbatasan pengalaman penyusun, namun berkat bantuan dari beberapa pihak, maka laporan ini dapat terselesaikan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada: (1) Allah SWT. (2) Bapak/Ibu guru SMA N 1 Sleman yang telah membimbing dalam penyusunan laporan ini sampai selesai. (3) Orang tua yang telah memberikan bantuan moril.
          Semoga bantuan dan bimbingan yang telah diberikan kepada penyusun mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Terakhir penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
       


                    BAB I
Pendahuluan

A.     Dasar Kegiatan
         Dasar dari dilaksanakannya kegiatan studi wisata ini adalah surat keputusan kepala sekolah.
B.     Tujuan Kegiatan
1. Sebagai sarana penyegaran pikiran sebelum ulangan tengah semester
2. Sebagai sarana pembelajaran sekaligus hiburan siswa/i
3. Sebagai sarana mengenal keadaan geografis, budaya, dan iklim suatu wilayah

A.    Metode Pengumpulan Data

1.       Observasi/ Pengamatan
        Setelah kami mengamati objek-objek yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Kami dapat menyimpulkan bahwa ternyata tempat tersebut sangat indah,dan memiliki kenampakan alam yg sangat menawan,serta potensi alam yang berlimpah, seperti pertanian, gas alam, dan objek wisata alam.
2.      Mencatat
        Mendengarkan lalu mencatat penjelasan dari narasumber, tour leader, ataupun pembimbing tentang sejarah suatu objek. Seperti ketika di pabrik teh tambi, kami mendapat berbagai macam penjelasan dari narasumber teh tambi, ketika di dalam bus Pembina menceritakan mitos tentang terbentuknya suatu tempat di daerah sana.
3.      Studi kepustakaan
        Pertama-tama kita melakukan kegiatan pengamatan terhadap objek dari kegiatan tersebut. Kami mendapatkan data-data dan keterangan yang penting untuk pembuatan laporan perjalanan. Setelah itu kita menguraikan tentang kegiatan pencarian data atau informasi dari bahan bacaan yang kemudian dijadikan sebuah laporan. Peran internet juga tak lepas dari pembuatan laporan ini.
4.      Bertanya  dan Wawancara